Sejarah

Sejarah

Sejarah dan Perkembangan

Sekolah Tinggi Pariwisata Triatma Jaya

Sekolah Tinggi Pariwisata (STIPAR) Triatma Jaya merupakan Institusi Pendidikan Perhotelan satu-satunya yang ada di Kabupaten Badung. Sekolah Tinggi Pariwisata (STIPAR) Triatma Jaya memperoleh peningkatan status dari AKPAR Triatma Jaya menjadi STIPAR Triatma Jaya melalui Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 133/D/O/2008, tanggal 14 Juli 2008.

STIPAR Triatma Jaya tergolong masih baru, tetapi perlu diingat bahwa STIPAR Triatma Jaya lahir dan tumbuh yang sebelummnya  adalah Akademi Pariwisata (AKPAR) Triatma Jaya yang memiliki 2 jenjang pendidikan yakni DII & DIII Program Perhotelan dan Kepariwisataan. Akademi Pariwisata (AKPAR) Triatma Jaya merupakan Pendidikan Tinggi Pariwisata yang  secara operasional berdiri pada tanggal 2 Mei 1998 dengan memperoleh status terdaftar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 56/D/0/1998 tanggal 30 Juli 1998

Dalam perkembangannya bahwa Akademi Pariwisata Triatma Jaya pada tahun 2002 dan diperbaharui tahun 2007 telah terakraditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) dengan kualifikasi B. Dan perlu diingat juga bahwa keberadaan AKPAR Triatma Jaya tidak terlepas dari Lembaga Pendidikan dan Latihan Pariwisata yang besar dan telah memiliki pengalaman di bidang pariwisata yaitu Sekolah Tinggi Pariwisata (STIPAR) Triatma Jaya Didirikan sejak tahun 1992, STIPAR Triatma Jaya telah mendapat kepercayaan yang semakin kuat dari masyarakat , ini terbukti dari semakin besarnya minat masyrakat  untuk belajar di STIPAR Triatma Jaya, untuk itu rancangan program, peningkatan SDM (Dosen) dan fasilitas selalu ditingkatkan sesuai perkembangan kebutuhan.

Diharapkan dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STIPAR) Triatma Jaya akan lahir tenaga-tenaga yang profesional pada tingkat pimpinan yang masih sangat dibutuhkan di Indonesia khususnya pada bidang  Perhotelan dan Pariwisata.