Pedoman Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat
STIPAR Triatma Jaya
LembagaPenelitian danPengabdianMasyarakat
STIPAR Triatma Jaya
JalanKubu Gunung, Tegal Jaya, Dalung Kuta, Bali
2013
ii
KATAPENGANTAR
Visi STIPAR Triatma Jaya adalah menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata terdepan di Bali pada
tahun 2018 dalam menghasilkan sumber daya manusia pada bidang perhotelan dan pariwisata yang kompeten, kreatif, berjiwa wira usaha, menguasai IPTEK, dan berakhlak mulia. STIPAR Triatma Jaya didukung sivitas akademika, senantiasa berusaha merealisasikan secara nyata Darma Pengabdian kepada Masyarakat sebagai tindak lanjut dari Darma Pendidikan dan Darma Penelitian dari Tridarma Perguruan Tinggi.
Pengabdian kepadamasyarakat yang dilakukan perguruan tinggi idealnya tidak dalam
bentuk kemasan kegiatan karitatif tetapilebih memprioritaskan aspek-aspek edukatif,
pemberdayaan dan peningkatan partisipasi masyaraka tdan dunia industri dalam pembangunan nasional. Terbitnya ”Pedoman Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat untuk Dosen dan Staf STIPAR Triatma Jaya Badung” merupakan bagian dari usaha STIPAR Triatma Jaya untuk peningkatan kualitas koordinasi dan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Pedoman pelaksanaan ini disusun berdasarkan ketentuan-ketentuan yang bersumber dari peraturan DIKTI dan pengalaman pelaksanaan pengabdian kepada
masyarakat selama ini yang berlakudi STIPAR Triatma jaya. Mudah-mudahan pedoman
pelaksanaan ini dapat menjadi pedoman yang baik untuk koordinasi pengelolaan pelaksanaan serta pengembangan pengabdian kepada masyarakat.
Badung, Oktober 2013
Ka.LPPM STIPAR Triatma Jaya Badung